Kamis, Oktober 04, 2012

Kisah Ancaman Iblis kepada Manusia


Oleh: Tsalis Muttaqin

Diceritakan, pada saat Allah menangguhkan iblis, ia berkata: “Demi KeperkasaanMu, aku tidak akan keluar dari hati anak cucu Adam, selama ia masih bernyawa”.
Jawab Allah: “Demi KeperkasaanKu, aku tidak akan menghalangi mereka untuk bertaubat, selama ia masih bernyawa”
Kata Iblis: “Aku akan sesatkan mereka seluruhnya.”
Jawab Allah: “Aku akan hapus kesalahan-kesalahan mereka.”
Kata iblis: “Aku akan goda mereka dari depan mereka, dari belakang, dari sisi kanan, dan dari sisi kiri mereka”.


Ketika iblis menjawab demikian, malaikat merasa iba dengan manusia.
Lalu Allah menjelaskan kepada malaikat, “Bahwa masih tersisa dua sisi lagi bagi manusia, yaitu sisi atas dan sisi bawah. Ketika manusia mengangkat ketua tangannya ke atas untuk berdoa dengan hati yang menunduk atau meletakkan wajahnya ke atas bumi dengan khusyu’, niscaya Aku ampuni dosa-dosanya, Aku tidak akan melupakannya”.

Seperti diceritakan Syaikh Muhammad Amin al-Kurdi dalam Tanwirul Quluub, (Dar al-Fikr:
1994), Fasal tentang Taubat hal 373.

Tsalis Muttaqin 4/10/2012

Tidak ada komentar:

Entri Populer