Rabu, Januari 29, 2014

Kata Mutiara

Yang haram akan tetap menjadi haram walau seluruh penghuni kolong langit melakukannya.
Jangan lepas prinsip-prinsipmu yang luhur walau hanya kamu yang pegang sendirian. (Syekh muatwally sya'rawy).

Kebebasan berekspresi harus diberikan kepada semua aliran pemikiran, bahkan pemikiran fanatik sekalipun. Dan saya tidak khawatir terhadap pemikiran fanatik, karena masyarakat pasti akan menolaknya. Yang saya takutkan adalah anarkisme yang menyertai pemikiran tersebut. (Dr. Muhammad Imarah).

Banyaknya kesedihan hendaknya tidak menjadikan muka cemberut di depan umum. Baginda Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak bersedih (memikirkan umatnya), tetapi beliau adalah orang yang paling banyak senyumnya di hadapan manusia. (Syekh Mutawalli al-Sya'rawi)

Salah satu ciri ulama al-Azhar adalah ketika mengajar disiplin ilmu apapun, mereka selalu 'menyelipkan' nasihat-nasihat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulullah (Syekh Jamal Faruq)

Kita dianjurkan untuk menziarahi kubur, karena ziarah kubur itu akan mengingatkan kita kepada kematian. Terlebih lagi ziarah kuburannya orang-orang shaleh, karena dengan ziarah kuburan orang-orang shaleh tersebut selain akan mengingatkan kita kepada kematian dan juga mengingatkan kepada kita akan semua amalan shalaeh yang telah diperbuatnya semasa hidup. (Syekh Muhammad AbduzzhahirImam Senior Masjid al-Azhar)

Berbakti kepada orang tua sering sekali disebutkan di dalam al-Quran setelah keimanan kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya. Hal itu menunjukkan pentingnya berbakti kepada orang tua. Bahkan, durhaka kepada orang tua adalah dosa besar. (Syekh Abdul Ghaffar Hilali)

Orang yang memahami Islam dengan benar, tidak akan menutup dirinya dari pendapat-pendapat orang lain. Walaupun dia seorang faqih, walaupun dia seorang pemimpin. 

Ulama-ulama Islam berkata: “Pendapat saya benar, namun mungkin saja salah. Pendapat orang lain 
salah, namun mungkin saja benar.” (-Syeikh Ahmad Umar Hasyim)

Tidak ada komentar:

Entri Populer